Assalamualaikum Wr.Wb.
=> Kompetitif Strategi dan Kekuatan <=
Dasar-Dasar Kenggulan Strategis
- Konsep-konsep Dasar Strategi Kompetitif
Hal
ini menciptakan sistem informasi strategis, sistem informasi yang
mendukung atau membentuk posisi kompetitif dan strategi dari perusahaan
bisnis. Jadi, sistem informasi strategis dapat berupa sistem informasi
apapun (TPS, SIM, DSS, dan lain-lain), yang menggunakan teknologi
informasi untuk membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif,
mengurangi kelemahan kompetitif, atau untuk memenuhi tujuan strategis
perusahaan lainnya.
- Tekanan Kompetitif dan Strategi
Perusahaan
dapat bertahan hidup dan berhasil dalam jangka panjang, hanya jika
perusahaan tersebut berhasil mengembangkan strategi untuk menghadapi
lime tekanan kompetitif yang membentuk struktur persaingan dalam
industrinya.
Menggunakan Teknologi Informasi Sebagai Kunggulan Strategis
- Penggunaan Strategis Teknologi Informasi
Terdapat
banyak cara perusahaan dapat memandang dan menggunakan teknologi
informasi. Contohnya, perusahaan dapat memilih untuk menggunakan sistem
informasi secara strategis, atau perusahaan dapat merasa puas dengan
menggunakan teknologi informasi untuk mendukung operasi rutin yang
efisien. Akan tetapi, jika perusahaan menekankan penggunaan strategis
bisnis dari teknologi informasi, manajemen perusahaan tersebut akan
memandang teknologi informasi sebagai faktor pembeda kompetitif yang
utama. Pihak manajemen kemudian akan membentuk berbagai strategi bisnis
yang akan menggunakan teknologi informasi untuk mengembangkan berbagai
produk, jasa, dan kemampuan yang akan memberi perusahaan keunggulan
besar dalam pasar tempat perusahaan bersaing.
- Membangun Bisnis yang Berfokus pada Pelanggan
Bagi
banyak perusahaan, nilai bisnis utama mereka untuk menjadi bisnis yang
berfokus pada pelanggan, yang terletak pada kemampuan mereka untuk
mempertahankan pelanggan agar tetap loyal, mengantisipasi kebutuhan di
masa mendatang, merespons kekhawatiran pelanggan, dan menyediakan
layanan pelanggan berkualitas tinggi. Fokus strategis atas nilai bagi
pelanggan ini mengakui bahwa kualitas bukan harga, melainkan telah
menjadi determian utama dalam persepsi pelanggan atas nilai. Dari sudut
pandang pelanggan, perusahaan-perusahaan yang secara konsisten
menawarkan nilai terbaik mampu menelusuri preferensi setiap
pelanggannya, mengikuti tren pasar, pasokan produk, layanan dan
informasi, kapan saja, di mana saja, dan memberi layanan, pelanggan yang
disesuaikan dengan kebutuhan tiap pelanggan. Selain itu, teknologi
internet telah menciptakan peluang strategis bagi perusahaan besar dan
kecil, untuk menawarkan layanan dan produk yang cepat, responsif, serta
berkualitas tinggi yang disesuaikan dengan preferensi setiap pelanggan.
- Merekayasa Ulang Proses Bisnis
Teknologi
informasi adalah bahan utama dalam merekayasa ulang proses bisnis
dengan memungkinkan perubahan radikal atau proses bisnis yang secara
dramatis akan meningkatkan efisiensi dan efektivitasnya. Teknologi
internet dapat memainkan peranan besar dalam mendukung perubahan inovasi
atas desain arus kerja,persyaratan pekerjaan, serta struktur organisasi
dalam sebuah perusahaan.
Menjadi Perusahaan yang Lincah
Kelincahan (
agility ) dalam kinerja bisnis adalah kemampuan perusahaan untuk
sejahtera dalam pasar global yang berubah cepat dan terus terfragmen
untuk produk dan jasa berkualitas tinggi, berkinerja baik, dan
disesuaikan dengan pelanggan. Perusahaan yang lincah dapat membuat laba
dalam pasar dengan pilihan produk yang luas dan bermasa hidup pendek,
dan dapat memproduksi peranan secara individual dan dengan jumlah yang
besar. Perusahaan tersebut mendukung penyesuaian massal ( mass
customization ) dengan menawarkan produk individual sambil
mempertahankan produksi dalam volume yang tinggi. Perusahaan yang lincah
sangat bergantung pada teknologi internet untuk memadukan dan mengelola
proses bisnis, sambil menyediakan daya pemrosesan informasi untuk
melayani banyak pelanggan sebagai individual.
Menciptakan Perusahaan Virtual
Membentuk
perusahaan virtual telah menjadi strategi kompetitif yang penting dalam
pasar global yang dinamis saat ini. Internet dan teknologi informasi
lainnya memainkan peran penting dalam menyediakan sumber daya komputer
serta telekomunikasi untuk mendukung arus komunikasi, koordinasi, dan
informasi yang dibutuhkan. Para manajer perusahaan virtual tergantung
pada teknologi informasi untuk membantu mereka mengelola jaringan sumber
daya orang, pengetahuan, keuangan, dan fisik yang disediakan oleh
banyak mitra bisnis untuk secara cepat memanfaatkan peluang pasar yang
berubah dengan cepat.
Membangun Perusahaan yang Dapat Menghasilkan Pengetahuan
Keunggulan
kompetitif yang dapat bertahan lama saat ini hanya dapat berasal dari
penggunaan dan manajemen yang inovatif atas pengetahuan organisasi
melalui perusahaan yang dapat menghasilkan pengetahuan dan organisasi
yang belajar. Teknologi internet secara luas digunakan dalam sistem
manajemen pengetahuan untuk mendukung pembuatan dan penyebaran
pengetahuan bisnis dan integrasinya ke dalam produk, jasa, serta proses
bisnis yang baru.
Download File => Chapter2.ppt