twitter
rss

Assalamualaikum Wr.Wb.
Sistem Perdagangan Elektronik, Perdagangan melalui jaringan elektronik atau e-commerce didefinisikan sebagai aktifitas perdagangan melalui jaringan elektronik dengan menggunakan perangkat komputer. E-commerce melibatkan lebih dari satu perusahaan, dan dapat diaplikasikan hampir disetiap jenis hubungan bisnis.


E-commerce mengizinkan produsen untuk menjual produk-produk dan jasa secara online. Calon pelanggan atau konsumen dapat menemukan website produsen, membaca dan melihat produk-produk memesan dan membayar produk-produk secara online.

Ruang Lingkup E-Commerce
Berdasarkan ruang lingkupnya, merupakan bagian dari elektronik business seperti digambarkan ada gambar berikut :
ELECTRONIC BUSINESS
Merupakan lingkup aktivitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas serta terpenting dan terbesar dari e-business adalah ecommerce, dimana berbagai aktivitas transaksi jual beli dilakukan melalui medium internet. Karena sangat lebarnya spektrum proses dan transaksi jual beli yang ada, sangat sulit menentukan ruang lingkup atau batasan dari domain ecommerce. Salah satu cara yang dapat dipergunakan untuk dapat mengerti batasan-batasan dari sebuah e-commerce adalah dengan mencoba mengkaji dan melihat fenomena bisnis tersebut dari berbagai dimensi, yaitu :
  • Teknologi
    Kontributor terbesar yang memungkinkan terjadinya e-commerce adalah teknologi informasi, dalam ha ini perkembangan pesat teknologi komputer dan telekomunikasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa arena jual beli di dunia maya terbentuk karena terhubungnya berjuta-juta komputer ke dalam sebuah jaringan raksasa (internet).
  • Marketing dan "New Cunsumer Processes"
    Dari segi pemasaran, e-commerce sering dilihat sebagai sebuah kanal atau cara baru untuk berhubungan dengan pelanggan. Melalui e-commerce jangkauan sebuah perusahaan menjadi semakin luas karena yang bersangkutan dapat memasarkan produk dan jasanya ke seluruh dunia tanpa memperhatikan batasan-batasan geografis.
  • Electronic Linkage
    Dengan adanya ecommerce, maka dua buah divisi dapat bekerja sama secara efisien melalui pertukaran data elektronis; demikian juga antara dua buah kelompok berbeda seerti misalnya antara kantor pemerintah dengan masyarakatnya; atau mungkin antara pelanggan dengan perusahaan-perusahaan tertentu.
  • Market-Making
    E-commerce dikatakan sebagai market-making karena keberadaannya secara langsung telah membentuk sebuah pasar perdagangan tersendiri yang mempertemukan berjuta-juta penjual dan pembeli di sebuah pasar digital maya (e-market). Di pasar maya ini terjadi perdagangan secara terbuka dan bebas, karena masing-masing penjual dan pembeli dapat bertemu secara efisien tanpa perantara.
  • Service Infrastructure
    Konsep e-commerce ternyata tidak hanya membuahkan mekanisme transaksi jual beli semata, namun ternyata banyak sekali jasa-jasa baru yang diperlukan sebagai sarana pendukung aktivitas jual beli produk tersebut. 
ELEKTRONIK COMMERCE
Merupakan lingkup perdagangan yang dilakukan secara elektronik dimana didalamnya termasuk :
  • Perdagangan via internet
  • Perdagangan dengan fasilitas web internet (internet commerce)
  • Perdagangan dengan system pertukaran data terstruktur secara elektronik (Elektronik Data Interchange/EDI)
Pentingnya E-Commerce
  • Orang yang ingin membeli barang atau hanya melakukan transaksi lewat internet.
  • Membutuhkan akses internet dengan interfacenya menggunakan web browser menjadikan portal e-commerce / e-shop tidak sekedar portal belanja, tapi menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan membangun basis komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli.
  • Sebagai pusat informasi, pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual.
  • Informasi yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis
  • Model pembayaran : kartu kredit atau transfer
Proses Pembayaran Elektronik
Mekanisme transaksi elektronik dengan e-commerce dimulai dengan adanya penawaran suatu produk  tertentu oleh penjual di sautu website melalui server yang berada di Indonesia. Apabila konsumen indonesia melakukan pembelian, maka konsumen tersebut akan mengisi order mail yang telah disediakan oleh pihak penjual.
Downlnoad Sumber : <Chapter 8><SPE>
Wassalamualaikum Wr.Wb.

0 komentar:

Poskan Komentar